Senin, 04 Februari 2008

Masjid Jami' Al-Falah Cisema Rancah Ciamis


Ketika aku kecil sampai aku agak besar, aku sebenarnya tak tahu sama sekali nama Masjid Jami' di kampungku tersebut. Setelah agak dewasa barulah tahu namanya, "Al-Falah". Entah sejak lama masjid tesebut memang bernama Al-Falah entah baru-baru itu. Aku tak tahu pasti. Menurut cerita, masjid tersebut adalah warisan nenek moyangku yang masih satu darah denganku. Dulu masjid tersebut dipimpin oleh KHM Rofii yang kemudian mendirikan Ponpes Jatiluhur dab berhijrah kesana. Jatiluhur disini bukanlah Jatilhur di Purwakarta, tapi nama sebuah bukit yang berada di perbatasan Cisema-Karanganyar Desa Rancah.


Aku juga masih ingat waktu dulu itu yang menjadi ketua DKM adalah H. Lukman. Insya Allah orang seusiaku atau yang lebih tua semua pasti tahu atau kenal dengan yang namanya H. Lukman, walaupun kini beliau sudah tidak ada di dunia ini. Suara adzannya yang khas selalu dirindukan semua orang.

8 komentar:

Ayana Team mengatakan...

hebat euy tulisannana. Full original & peduli daerah. Hebatlah !!!! Salut!! terus menulis tentang Rancah !!!.

Kang Uyun mengatakan...

Eh... meureun wae atuh. Ngaranna oge ka lemah cai. Mun aya tentang Jatiluhur oge, sok lah ka sayahkeun, engke dipangpostingkeun.

dannybrunei mengatakan...

ASSALAMUALAIKUM.......SALAM SEJAHTERA KA SADAYANA......KUMAHA YEUH KABAR RANCAH....? DARAMANG....?.....AMENGAN ATUH KA BLOG ABDI....MIH RADA KUMPLIT KANG......dannybrunei.blogspot.com......atawa ketik wae di google...dannybrunei.....di antos kang kana kasumpingan nana....wassalam[daniel.dans@hotmail.com]/[raydanny48@gmail.com]

RAJA-JAUHARI mengatakan...

Hebat euy
pesang euy URL Abdi Http://uadodi.blogspot.com
Hatur nuhun

RANCAHKU TERCINTA mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
RANCAHKU TERCINTA mengatakan...

di haturanan linggih oge di rancahboy.blospot.com

kampungku mengatakan...

Hayu marudik

Unknown mengatakan...

Janteun emut ka Ciseuma,,,kangeun ka leumahcai