Sabtu, 24 November 2007

Mata Pencaharian

Sumber kehidupan masyarakat Desa Rancah terutama adalah dari hasil pertanian. Tetapi secara prosentase penghasilan, yang paling banyak menghasilkan adalah bidang perdagangan.

Menurut data yang penulis peroleh, untuk mayarakat yang terjun di bidang pertanian baik tani penggarap atau buruh tani ataupun pemilik tanah yaitu 2.675 orang, industri kecil 43 orang, buruh bangunan 75 orang, pedagang 312 orang, PNS 171 orang ABRI 3 orang, pensiunan 75 orang serta peternak 2.473 orang. Namun menurut hemat penulis, angka ini tidaklah mendekati angka sebenarnya bahkan cenderung jauh dari benar. Menurut penulis, angka tersebut hanya benar dalam hal prosentase sumber penghidupan yang kebanyakan adalah tani atau buruh tani, dagang, merantau dan ngojek.

Tanaman yang tumbuh dan dibudidayakan di Desa Rancah adalah tanaman padi, jagung, ketela, kacang tanah, sayuran, buah duku, rambutan, cengkeh, kelapa coklat, pala, kopi dan lain sebagainya. Namun yang paling besar hasilnya adalah padi, cengkeh, kelapa dan kopi.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Dimana letak geographis Desa/Kecamanatan Rancah. Akses jalan terdekat dari mana: Berapa KM dari Kota Ciamis atau Apakah bisa di akses dari Kota Kuningan?? Bagaimana dengan kondisi jalan menuju ke Desa/Kecamatan Rancah?? Bisa dilalui mobil sedan atau harus dengan SUV/ Jeep? Terima kasih Gan.