Selasa, 20 November 2007

Fasilitas Pendidikan dan Keagamaan

Saat ini jumlah lembaga pendidikan yang ada di Desa Rancah sudah cukup banyak. Bahkan saat ini sedang gencar-gencarnya pendidikan Taman Kanak-kanak Al-Qur’an yang hampir berdiri di semua dusun. Namun sayangnya lembaga pendidikan tersebut baru satu saja yang sudah memiliki bdan hukum, sedangkan yang lainnya masih belum ada badan hukumnya.

Selain itu, saat ini di Desa Rancah ada 6 buah Sekolah Dasar Negeri, 2 buah Madrasah Ibtidaiyyah, 1 buah SLTPN, 1 buah Madrasah Tsanawiyyah, 1 buah SMUN dan 1 buah Madrasah Aliyyah.

Tingkat pendidikan masyarakat Desa Rancah masih bisa dibilang pas-pasan bahkan cenderung ketinggalan. Dari data yang diperoleh, warga yang tamat SD/sederajat hanya 2.192 orang, tamat SLTP/sederajat sebanyak 557 orang, tamat SLTA/sederajat sebanyak 312 orang, diploma sekitar 182 orang dan sarjana sekitar 22 orang. Bahkan masih ada warga yang masih buta huruf yaitu sekitar 106 orang.

Untuk pendidikan khusus keagamaan, saat ini ada 6 buah pondok pesantren dan 9 buah majlis ta’lim yang tersebar di 9 dusun.

Sedangkan untuk fasilitas tempat ibadah, saat ini di Desa Rancah ada 11 buah masjid dan 39 buah surau.


Tidak ada komentar: